Cara Modding Aplikasi Android Dengan Mudah (Mengubah Package Name Apk)

Pada kesempatan kali ini saya akan meng-share cara modding aplikasi Android, lebih tepatnya mengubah package name java pada apk agar dapat dijadikan aplikasi standalone,cara ini ga susah kok, sobat cuma perlu teliti dan mengikuti instruksi yang saya kasi ntar juga bisa sendiri.
foto
Cara ini sudah saya tes di beberapa aplikasi dan masih work hingga saat ini,sayangnya belum pernah saya coba pake cara ini buat aplikasi BBM,buat yang pengen nyoba cara ini ke BBM dipersilahkan tapi ingat semakin banyak fitur pada suatu aplikasi maka tingkat kerumitan moddingnya juga makin tinggi,jdi klo ada error atau force close sobat harus cari penyelesaiannya sendiri atau klo ga bsa nyerah jga ga pa2 wkwk

Sebelumnya siapkan dulu bahan dibawah buat modding:

1. PC atau Laptop
2. ApkStudio (ini aplikasi modding favorit gue banget soalnya mudah dan simple udah kaya IDE  deh pkonya , buatannya temen saya Vaibhav Pandey senior member di forum XDA-Developers)
3. Notepad++ (recomended pke ini jangan pake notepad bawaan windows udah ga zaman wkwk )
4.Apk yg mau di modding (Disini ane pake VLC Direct Pro Streaming)
5. Secangkir kopi (spa tau ntar sobat ngliatin bahasanya atau langkah2nya malah ngantuk kan wkwk )

Ane yakin pasti masih banyak yang ga tau tentang kegunaan VLC Direct Pro Streaming ini,oke fine ane jelasin dikit deh.
VLC Direct Streaming pro ini fungsinya buat ngontrol VLC player yang ada di PC atau laptop melalui web interface dari VLC Player menggunakan wireless, sisanya googling sendiri ya kepanjangan ntar klo diterusin
intinya aplikasi ini berguna banget buat sobat yang suka nyetel musik di PC atau laptop pake VLC Player kya ane nih . Jadi klo lgi asik main game yg fullscreen n pengen ganti lagu tinggal pke ni apk aja ga perlu minimize jendela windowsnya,soalnya klo di minimize bisa bahaya sob ntar malah kalah main gamenya haha
lanjut ke topik pembahasan

1. Buka ApkStudio nya, klo belum punya install dlu gih linknya ada diatas ane tungguin nih sambil ngopi dlu wkwk  klo udah diinstall dan dibuka buat project baru, caranya liat gambar dibawah

modding-apk1.jpg
2. setelah itu klik tombol create dibagian kanan bawah dan tunggu hingga proses decompile selesai. klo udah selesai ntar nama folder projectnya muncul di bagian kiri kaya gambar dibawah
modding-apk2.jpg
3. Buka file AndroidManifest.xml yang ada di bagian kiri dengan mengklik 2 kali.
4. Setelah itu klik menu Edit pilih Replace atau tekan CTRL+H.
5. Nah disini sobat harus tau dulu nama package apk yang di modding, klo ga tau bisa diliat di AndroidManifest tadi di baris ke2 liat gambar dibawah
modding-apk4.jpg

6. isikan kolom search for dengan nama package kemudian isi replace with dengan nama terserah sobat(hanya huruf,angka dan titik) kemudian klik replace all.
lihat gambar dibawah
modding-apk5.jpg
7. Sekarang buka notepad++, di langkah ini sobat akan liat kegunaan notepad++ yang sangat2 membantu dalam proses ini.
4. jika sudah terbuka notepad++ nya klik CTRL+F kemudian pilih tab find in files.
5. Dilangkah ini kita harus tau nama package yang telah di translate ke bahasa mesin, untungnya ane  sering buat aplikasi android jadi paling engga ane tau kira2 dimana letak dan strukturnya
buka kembali ApkStudio kemudian expand folder smali trus buka folder sesuai urutan nama package awal dalam kasus ane com/vlcforandroid/vlcdirectprofree sampe nemu file yang formatnya .smali
6. Klo udah nemu klik 2 kali trus pada baris pertama ntar sobat bakal nemu tulisan yang mirip2 dengan direktori package lama,lihat gambar
modding-apk6.jpg
copy text yang ane highlight dari L sampai kata terakhir direkori package name.
7. Buka kembali Notepad++ kemudian isi kolom find what dengan text yang dicopy tadi
8. isi kolom replace with dengan nama package baru yang ditranslate ke bahasa mesin (klo ga ngerti liat aja package yang baru tdi di copy) 
what msih ga ngerti cape deh . klunya tanda titik diubah jadi slash (/) dan di depannya di ksi huruf L gampang kan .
9.isi kolom directory sesuai dengan folder smali tempat folder project sobat disimpan (ingat folder smali lihat gambar) kemudian klik replace in files.
modding-apk7.jpg
saat proses berlangsung jangan tekan apapun tunggu hingga pop up windowsnya hilang.
10. Udah hampir selesai nih sabar ya sob minum dulu kopinya biar ga ngantuk n pusing sma langkah2nya wkwk , sekarang kita tinggal menyesuaikan letak folder pada project dengan nama package baru di dalam folder smali.
dalam kasus ane struktur foldernya berubah menjadi com/fullstuff/heck/in
berikut gambar perbandingan struktur lama dengan struktur direktori baru ane
struktur.jpg
untuk buat folder baru atau rename folder pake windows exporer aja sob aman yang penting sesuai sama nama package baru
jika sudah langkah terakhir adalah merefresh struktur direktory di ApkStudio, kemudian pastikan bahwa struktur sudah sesuai dengan package name yang baru. kemudian klik Klik kanan pada folder project pilih build.
modding-apk8.jpg
Tunggu hingga proses selesai,jika berhasil maka nanti akan muncul folder build yang didalamnya terdapat apk yang udah di edit dengan nama rebuilt.apk.
untuk mengetahui berhasil atau tidaknya sobat coba install apk yang belum di edit dan apk yang sudah di edit jika keduanya muncul di tampilan menu kemudian saat dibuka tidak force close berarti sudah berhasil sob

gimana mudah bukan, ini step udah ane bikin semudah mungkin pake notepad++ klo ga mungkin bsa2 seminggu baru selesai
Dicoba dulu klo ga bsa baru nyerah, eh salah nanya maksudnya wkwk 
untuk perbandingan lainnya antara apk yang belum di modding dan yang sudah di modding dapat dilihat di Setting > Apps (lihat gambar dibawah)
preiew-moding.jpg
Peringatan :
Artikel ini hanya untuk pembelajaran,harap gunakan cara ini untuk aplikasi yang open source atau freeware.

Labels: ,