Membuat Game Ternyata Mudah! Begini Caranya

Membuat Game Ternyata Mudah! Begini Caranya
Untuk kalian para gamer, pernah terpikir sejenak untuk membuat game sendiri nggak sih? Pasti pernah dong pastinya. Namun keinginan tersebut mungkin gugur karena ragu pada pelaksanaannya, apalagi pas coding.
Nah, tahu nggak sih kamu? Sekarang telah hadir beberapa game engine yang dapat membantu kalian dalam membuat game. Jadi pastinya tidak ada keraguan lagi dong dalam membuat game. Inilah cara mudah membuat game sendiri.

Cara Mudah Membuat Game

1. Construct 2

tampilan interface dan pilihan export Construct 2
Construct 2 adalah salah satu game engine yang cukup populer dengan fitur drag n drop dan interface yang mudah dipahami. Output yang dihasilkan bisa berupa game ber-platform Windows, Windows 8, Android, HTML5, Tizen, dan lain-lain. Construct 2 ini banyak dipakai oleh para developer pemula untuk membuat game Android. Engine ini juga tidak mempunyai bug yang biasanya sering ditemukan dalam game engine lain. Output dari Construct 2 ini juga dapat kita publish ke Playstore. Namun dalam versi free, kamu akan mempunyai batasan penggunaan seperti event yang terbatas, layer yang sedikit, platform yang sedikit, dan lain-lain.

2. Stencyl

Tampilan blok _programming_ Stencyl
Stencyl adalah game engine termudah untuk game ber-platform Flash, Web, dan HTML 5. Stencly Studio juga menyediakan toolset yang cukup banyak. Stencyl menyediakan coding blok programming sehingga memudahkan developer untuk menyusun event dalam game. Dalam Stencyl juga terdapat fitur Physic World yang dapat membuat game menjadi sama seperti di dunia asli. Memang untuk pemula, Saya pribadi menyarankan menggunakan Stencyl daripada Construct 2. Namun di balik kemudahan yang diberikan Stencyl, Stencyl masih mempunyai banyak cukup banyak bug.

3. Game Salad

Tampilan interface Game Salad
Game Salad juga adalah engine game mudah digunakan dan terkenal dengan fitur drag n drop-nya. Platform atau hasil export engine ini berupa game PC, Android, bahkan iOS. Game Salad mempunyai visual yang dapat dibilang unik dan memudahkanmu dalam membuat game serta mempunyai library yang cukup banyak. Jika kamu menggunakan dalam versi gratis, kamu hanya dapat mempublikasikan game ke platform web dan iOS. Jika kamu ingin menghasilkan uang melalui Playstore dapat membeli versi Pro dari Game Salad ini. Versi Pro juga akan membuka interface yang tambah mudah juga.
Nah sekarang sudah tahu kan beberapa game engine yang tidak menggunakan coding secara murni. Jadi tunggu apalagi? Ini saatnya kalian untuk membuat game yang kalian impikan. Dari ketiga game engine di atas semuanya menggunakan drag n drop programming , namun Saya pribadi lebih menyarankan menggunakan Construct 2 yang tidak mempunyai bug dan tutorialnya banyak tersebar di internet. Ayo buat game! Jangan cuma bermain game saja!

Labels: , ,